Gereja Dalam Pusaran Konsumerisme Dan Kealpaan Dalam Pekabaran Injil

Fery Rondonuwu, Tjutjun Setiawan, Ferry Simanjuntak

Abstract


Perubahan zaman yang begitu cepat telah membawa budaya baru dalam masyarakat yaitu budaya konsumerisme. Suatu budaya yang menjadikan masyarakat berperilaku konsumtif yang tidak berdasar kepada kegunaan tetapi kepada gaya hidup. Pasar yang cenderung ekstrim dalam mempromosikan produknya, menjadi masalah bagi masyarakat, termasuk orang percaya yang merupakan bagian dari gereja bisa terjerat dalam pusaran konsumerisme. apakah konsumerisme telah masuk dalam gereja sehingga gereja lalai terhadap penginjilan, misi, penanaman gereja baru. Dalam studi ini penulis menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi pustaka, melalui buku-buku referensi dan jurnal-jurnal, serta ayat-ayat Alkitab yang berkaitan dengan rumusan masalah, kemudian mencari kesamaan yang memungkinkan bisa menjawab masalah penelitian ini. Dari penelitian ini didapati bahwa konsumerisme telah masuk dalam gereja, untuk itu gereja diingatkan agar waspada, kritis, bersikap tegas terhadap konsumerisme dan melakukan evaluasi yang objektif, sehingga gereja kembali menjalankan Amanat Agung tanpa terjebak budaya konsumerisme.

 

 

Abstract

The changing times are so fast that it has produced a new culture in society, which is the culture of consumerism. A culture that makes people behave consumptively not based on utility but lifestyle. Market conditions that tends to be extreme in promoting their products are a problem for the community, also for believers, who are part of the church, who can get caught in the vortex of consumerism. It not only affects individuals, but also the church. The church spent most of their budget on providing luxurious and sophisticated infrastructure so that there is no budget left for evangelism, missions, and new church planting. This is a kind of another form of consumerism in the church.  In this paper, the author uses a qualitative method with a literature study approach, through reference books and journals, as well as Bible verses related to the formulation of the problem, then finds for similarities that allow the author to answer this research problem. The conclusion of this study is that consumerism has entered the church, for that the church is reminded to be vigilant, critical, be firm towards consumerism and conduct an objective evaluation, so that the church returns to carrying out the Great Commission without being trapped in a consumerist culture. One of the best ways to get the church free from the trap of consumerism is to reimagine the purpose of the church's existence, which is to carry out the Great Commission and adjust the budget according to this top priority.


Keywords


Konsumerisme, Gereja, Amanat Agung, Pekabaran Injil, Misi

Full Text:

PDF

References


Anita, Marissa. “On Marissa’s Mind: Konsumerisme,” 2018. https://greatmind.id/.

Asplund, Dick Iverson and Larry. Gereja Sehat Dan Bertumbuh, Pertama. Malang: Gandum Mas, 2003.

Bagus Surjantoro. Hati Misi. Jogyakarta: Penerbit Andi, 2009.

BAITO, LINUS. “IKLAN : EKSPLORASI ASPEK TEOLOGIS DALAM BUDAYA KOMERSIALISME DAN KONSUMERISME.” SOLA GRATIA: Jurnal Teologi Biblika dan Praktika 7, no. 1 (February 7, 2020). http://sttaletheia.ac.id/e-journal/index.php/solagratia/article/view/87.

Darmawan, I Putu Ayub. “Jadikanlah Murid: Tugas Pemuridan Gereja Menurut Matius 28:18-20.” Evangelikal: Jurnal Teologi Injili dan Pembinaan Warga Jemaat (2019).

David Platt. Follow Me. Cetakan ke. Surabaya: Perkantas, 2019.

French L Arrington. Doktrin Kristen Perspektif Pentakosta. Jogyakarta: Yayasan Andi, 2020.

Gultom, Junifrius. Teologi Misi Pentakostal. Jakarta: BPK Gunung Mulia, 2018.

Hamzah, Amir. Metode Penelitian Kepustakaan, 2009.

Harianto GP. Pengantar Misiologi. Jogyakarta: Yayasan Andi, 2016.

Harianto, GP. Teologi Misi. Edisi 5. Jogyakarta: Yayasan Andi, 2017.

Haryanto, Eko. “Konsumerisme Dan Teologi Moral: Kajian Kritis Dan Resposibilitas Moral Kristiani Terhadap Konsumerisme.” Veritas (2012).

Haryatmoko, J. “Masyarakat Konsumeris, Teori Pencitraan, & Simulasi Dalam Iklan.” Yogyakarta, 2016. https://kbm.pasca.ugm.ac.id/masyarakat-konsumeris-baudrillard/.

Hutagalung, Stimson. “TUGAS PANGGILAN GEREJA KOINONIA: KEPEDULIAN ALLAH DAN TANGGUNG JAWAB GEREJA TERHADAP KEMISKINAN.” Jurnal Koinonia (2016).

Ihza, Yustiman. Bujuk Rayu Konsumerisme Menelaah Persuasi Iklan Di Era Konsumsi. Depok: Linea Pustaka, 2013.

Irawan, Handi, and Bambang Budijanto. Kunci Pertumbuhan Gereja Di Indonesia. Kedua. Jakarta: Yayasan Bilangan Research Centre, 2021.

Laia, Kejar Hidup. “Pertumbuhan Gereja Dan Penginjilan Di Kepulauan Nias [Church Growth and Missiology in Nias Island].” FIDEI: Jurnal Teologi Sistematika dan Praktika (2019).

Macchia, Stephen A. “Becoming a Healthy Church- Ten Traits of a Vital Ministry.” In Grand Rapids: Baker Books, 2016.

Mambela, Imatius Joni. “Pengaruh Perkembangan Zaman Modern Yang Memunculkan Perilaku Gaya Hidup Konsumerisme, Di Kalangan Mahasiswa Teologi Zaman Ini,” n.d.

Paul Borthwick. Great Commision Great Compassion, 2016.

Peters, George W. Teologi Pertumbuhan Gereja. Malang: Gandum Mas, 2013.

Priyanto, Yohanes Utama Eko, and Cornelius Triwidya Tjahja. “Perwujudan Panca Tugas Gereja Dalam Kehidupan Sehari-Hari Keluarga Kristiani Di Stasi Hati Kudus Yesus Bulak Sumbersari.” Jurnal Pendidikan Agama Katolik (2017).

Sahartian, Santy. “Pengaruh Pembinaan Rohani Gereja Berdasarkan Efesus 4:17-24 Terhadap Gaya Hidup Konsumerisme Pemuda Gereja Pantekosta Di Indonesia Theofilus Blitar.” Jurnal Teologi Berita Hidup 1, no. 1 (October 16, 2018). http://e-journal.sttberitahidup.ac.id/index.php/jbh/article/view/3.

Setiawan, Ferry Simanjuntak and Tjutjun. Connecting God Being His Prophet. Banten: YPSIM, 2021.

Simanjuntak, Junihot M. “Belajar Sebagai Identitas Dan Tugas Gereja.” Jurnal Jaffray (2018).

Simon, Simon, and Semuel Ruddy Angkouw. “Perintisan Gereja Sebagai Bagian Dari Implementasi Amanat Agung.” Manna Rafflesia (2021).

Stott, John. Isu-Isu Global. Jakarta: Yayasan Komunikasi Bina Kasih, 2015.

Triyaningsih, SL. “Dampak Online Marketing Melalui Facebook Terhadap Perilaku Konsumtif Masyarakat.” Jurnal Ekonomi dan Kewirausahaan (2011).

Villarino, Rafael Rodriguez. KONSUMERISME. Jakarta: PT. Buana Ilmu Populer Kelompok Gramedia, n.d.

Wening, Sri. “MEMBENTENGI KELUARGA TERHADAP BUDAYA KONSUMERISME DENGAN NILAI-NILAI KEHIDUPAN DALAM PENDIDIKAN KONSUMEN.” Keluarga (2015).

———. Waspada Konsumerisme. Yogyakarta: UNY PRESS, n.d.

Wiebracht. Menjawab Tantangan Amanat Agung., 2008.

Wijaya, Yahya. “Teologi Ekonomi Kontekstual Sebagai Respon Terhadap Konsumerisme” (2007). http://download.garuda.ristekdikti.go.id/article.php?article=1615275&val=10041&title=TEOLOGI EKONOMI KONTEKSTUAL SEBAGAI RESPON TERHADAP KONSUMERISME.

Wilhemus, Ola Rongan. “KOMUNITAS BASIS GEREJANI MERESPON BUDAYA HIDUP INDIVIDUALISME, KONSUMERISME DAN HEDONISME DI TENGAH ARUS GLOBALISASI.” JPAK: Jurnal Pendidikan Agama Katolik 10, no. 5 (February 4, 2019): 30–48. https://ejournal.widyayuwana.ac.id/index.php/jpak/article/view/184.

“DARI KONSUMERISME KE KONSUMTIVISME (Dalam Perpektif Sejarah Filsafat Barat).” DARI KONSUMERISME KE KONSUMTIVISME (Dalam Perpektif Sejarah Filsafat Barat) (2017).

“Wikipedia.Co.Id.”




DOI: https://doi.org/10.55807/davar.v2i1.30

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Davar : Jurnal Teologi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.