Pengaruh penerapan nilai-nilai Kristiani terhadap kualitas iman siswa SMP Mardi Waluyo

Mihardo Saputro, Willy Herry Paat, Fajar Kurnia Harefa

Abstract


ABSTRACT

Education is a conscious and planned effort that functions to develop the potential of students through a process to have spiritual religious strength, self-control, personality, intelligence, noble character, and the necessary skills. This study aims to determine the effect of the application of Christian values on the faith of students at SMP Mardi Waluyo. The research approach is descriptive quantitative using a Likert model questionnaire on 200 students and validity testing is carried out using Pearson's product moment correlation and reliability testing using the Alpha Cronbach formula. The results of the analysis show that the application of Christian values to the quality of students' faith shows a t-value of 4.657 and a p value (Sig) of 0.000 which is below alpha 5% with a coefficient of determination of 0.405. This application of Christian values has an influence on students' faith by 40.5%. While the remaining 59.5% is influenced by other variables not examined in this study.

 

Keywords: Christian values, Quality of faith, Students, SMP Mardi Waluyo.

 

ABSTRAK

Pendidikan merupakan usaha sadar dan terencana yang berfungsi untuk mengembangkan potensi peserta didik melalui proses untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta keterampilan yang diperlukan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan nilai-nilai kristiani terhadap iman siswa di SMP Mardi Waluyo. Pendekatan penelitian secara deskriptif kuantitatif dengan menggunakan angket model Likert terhadap 200 siswa dan dilakukan pengujian validitas dengan menggunakan korelasi product moment dari Pearson dan pengujian reliabilitas dengan menggunakan rumus Alpha Cronbach. Hasil analisis menunjukkan bahwa penerapan nilai-nilai kristiani terhadap kualitas iman siswa menunjukkan nilai t hitung 4,657 dan p value (Sig) sebesar 0,000 yang di bawah alpha 5% dengan koefisien determian 0,405. Hal ini penerapan nilai-nilai kristiani memberikan pengaruh terhadap iman siswa sebesar 40,5 %. Sedangkan sisanya 59,5 % dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

 

Kata Kunci: Nilai-nilai kristiani, Kualitas iman, Siswa, SMP Mardi Waluyo.


Full Text:

PDF

References


Agustriyana, Nur Astuti Insan Suwanto2. “FULLY HUMAN BEING PADA REMAJA SEBAGAI PENCAPAIAN PERKEMBANGAN IDENTITAS.” Jurnal Bimbingan Konseling Indonesia 2, no. 1 (2017): 9.

Astuti, Rini. “Wawancara.” Bogor, 2024.

Blackaby, Henry T., and Richard King. Experiencing God: Knowing and Doing the Will of God. Buenos Aires: B&H Publising, 2021.

Bounds, E. M. The Complete Works of E.M. Bounds on Prayer. Michigan: Baker Book, 1997.

Depdiknas. Pengembangan Pendidikan Budaya Dan Karakter Bangsa: Pedoman Sekolah. Jakarta: Kementerian Pendidikan Nasional, 2010.

Jeanedith, B. “DOA & TEOLOGI.” www.imankatolik.or.id/, 2024.

Joko, Priyono, and Wahyudi Sri Wijayant. “IMAN DAN PERBUATAN DALAM PENGINJILAN JEMAAT MULA-MULA DITINJAU DARI YAKOBUS 2: 14-26.” Excelsis Deo: Jurnal Teologi, Misiologi, Dan Pendidikan 6, no. 1 (2022): 64–81.

Kemendiknas. Pengembangan Pendidikan Budaya Dan Karakter Bangsa: Pedoman Sekolah. Jakarta: Kementerian Pendidikan Nasional, 2010.

Kumparan. “Penjelasan Dan Cara Menanamkan Nilai-Nilai Kristiani Dalam Kehidupan Remaja.” Kumparan,com, 2023.

Mulyasa, E. Enjadi Guru Profesional: Menciptakan Pembelajaran Kreatif Dan Menyenangkan. Bandung: Remaja Rosda Karya, 2004.

Ro, W. H. Pembacaan Alkitab Secara Menyeluruh. Yogyakarta: ANDI, 2015.

Samani, Muchlas, and Hariyanto. Konsep Dan Model Pendidikan Karakter. Bandung: Remaja Rosda Karya, 2011.

Samosir, Christina Metallica. Buku Panduan Guru Pendidikan Agama Kristen Dan Budi Pekerti SMP Kelas VIII. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan, 2021.

Sasmoko. Metode Penelitian Pengukuran Dan Analisis Data. Jakarta: ITKI, 2005.

Selan, Yunus. “Makna Ungkapan Kamu Adalah Terang Dunia Dalam Matius 5:14 Dan Penerapannya Bagi Pelayanan Hamba Tuhan.” LUXNOS Jurnal Sekolah Tinggi Teologi Pelita DUnia 6, no. 1 (2020): 3.

Simamora, Yonggi Jakobus, and Yasaratodo Wau. “HUBUNGAN LINGKUNGAN SOSIAL YANG BERKARAKTER DENGAN MORAL REMAJA DI DESA SIDODADI RAMUNIA KECAMATAN BERINGIN KABUPATEN DELI SERDANG.” JURNAL GENERASI KAMPUS 10, no. 2 (2017): 1.

Suryabrata, S. Psikologi Pendidikan. Jakarta: RajaGrafindo Persada, 2004.

Taufik, Ali. “ANALISIS PERILAKU PERGAULAN ANAK REMAJA DI TINJAU DARI ASPEK MORALITAS (STUDI FENOMENOLOGI.” JIM: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Sejarah 7, no. 1 (2022): 2.

Wahyuni, Sri, Dea Vivianti, and Penni Ani Simanungkalit. “PEMANFAATAN SMARTPHONE DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR.” Davar : Jurnal Teologi 4, no. 1 (2023): 43.

Yustus Nesimnasi. “PERAN KONSELING DALAM MEMBANTU REMAJA KRISTEN MENGHADAPI KRISIS IMAN DI ERA KONTEMPORER.” SESAWI: JURNAL TEOLOGI DAN PENDIDIKAN KRISTEN 6, no. 1 (2024): 43.




DOI: https://doi.org/10.55807/davar.v5i2.185

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Davar : Jurnal Teologi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.