Dampak metode mengajar terhadap pembentukan karakter siswa dI SMA Kasih Bagi Bangsa

Penni Ani Simanungkalit, Daud Margiat, Ronio Otniel Panggabean

Abstract


ABSTRACT

Student character is an important aspect in education that plays a role in shaping individual morals, ethics, and personality. Teaching method is one of the strategies in the learning process used to achieve learning objectives. This study aims to determine the impact of teaching methods on the formation of student character at SMA Kasih Bagi Bangsa. The research approach is descriptive quantitative using a Likert model questionnaire on 81 students and validity testing is carried out using Pearson's product moment correlation and reliability testing using the Alpha Cronbach formula. The results of the analysis show that the teaching method on character formation shows a t-value of 8.455 and a p value (Sig) of 0.000 which is below alpha 5% with a determinant coefficient of 0.379. This means that the teaching method has an influence on character formation of 37.9%. While the remaining 62.1% is influenced by other variables not examined in this study.

 

Keywords: Method, Teaching, Character building, SMA Kasih Bagi Bangsa.

 

ABSTRAK

Karakter siswa merupakan aspek penting dalam pendidikan yang berperan dalam membentuk moral, etika, dan kepribadian individu. Metode mengajar adalah salah satu strategi dalam proses pembelajaran yang digunakan untuk mencapai tujuan pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dampak metode mengajar terhadap pembentukan karakter siswa di SMA Kasih Bagi Bangsa. Pendekatan penelitian secara deskriptif kuantitatif dengan menggunakan angket model Likert terhadap 81 siswa dan dilakukan pengujian validitas dengan menggunakan korelasi product moment dari Pearson dan pengujian reliabilitas dengan menggunakan rumus Alpha Cronbach. Hasil analisis menunjukkan bahwa metode mengajar terhadap pembentukan karakter  menunjukkan nilai t hitung 8,455 dan p value (Sig) sebesar 0,000 yang di bawah alpha 5% dengan koefisien determian 0,379. Hal ini berarti metode mengajar memberikan pengaruh terhadap pembentukan karakter sebesar 37,9%. Sedangkan sisanya 62,1% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

 

Kata Kunci: Metode, Mengajar, Pembentukan karakter, SMA Kasih Bagi Bangsa.


Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik (Edisi Revisi). Jakarta: PT. Asdi Mahasatya, 2006.

Barasa, Tiurma. “No TitleImplementation of Inquiry Method in Christian Education: Forming Highly Competitive Students Based on Critical Thinking.” QALAMUNA: Jurnal Pendidikan, Sosial, Dan Agama 15, no. 2 (2023): 899.

Berelson dan strainer. Komunikasai Dalam Teori Dan Praktek. Bandung: PT. Rindang Multi, 1964.

Dewanto, Yogi. “PERANAN KOMUNIKASI GURU PENDIDIKAN AGAMAKRISTEN DALAM PROSES PEMBELAJARAN.” Jurnal Pendidikan Agama Kristen Didaxte 1, no. 2 (2024): 73–74.

Dita Elha Rimah Dani, ..dkk. “VARIASI METODE DAN MEDIA PEMBELAJARAN DALAM KEGIATAN BELAJAR MENGAJAR.” Al-Madrasah: Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah 7, no. 1 (2023): 376.

Gulo, W. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Grasindo, 2005.

Hendra, Jossapat Prijanto1, Firelia de Kock. “Peran Guru Dalam Upaya Meningkatkan Keaktifan Siswa Dengan Menerapkan Metode Tanya Jawab Pada Pembelajaran Online.” Pendidikan Dan Kebudayaan 11, no. 3 (2021): 240.

Husain, Chaidar. “No TitlePemanfaatan Teknologi Informasi Dan Komunikasi Dalam Pembelajaran Di SMA Muhammadiyah Tarakan.” Jurnal Kebijakan Dan Pengembangan Pendidikan 2, no. 2 (2014): 184.

Jamaluddin. Pembelajaran Perspektif Islam. Edited by PT Remaja Rosdakarya. Bandung, 2015.

Lalaziduhu, Febriaman Harefa. “Spiritualitas Kristen Di Era Postmodern.” Manna Rafflesia 6, no. 1 (2019): 1–23.

Legi, Hendrik. Metode Mengajar Pendidikan Agama Kristen. Tasikmalaya: Edu Publisher, 2021.

Lufri...etc. Metodologi Pembelajaran: Strategi, Pendekatan, Model, Metode, Pembelajaran. Malang: CV IRDH, 2020.

Megawangi, Ratna. “9 Pilar Karakter Anak Yang Diterapkan Dalam Model Pendidikan Holistik.” sekolahkarakter.sch.id, 2019.

Modhofir. Teknologi Instruksional. Bandung: Remaja karya, 1986.

Moedjiono. Metode Belajar Dan Pembelajaran. Jakarta: Rinneka Cipta, 1998.

Mulyasa, E. Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Kemandirian Guru Dan Kepala Sekolah. Jakarta: Bumi Aksara, 2009.

Muslich, M. Pendidikan Karakter Menjawab Tantangan Krisis Multidensional. Jakarta: Bumi Aksara, 2011.

Nasution, M. K. “Penggunaan Metode Pembelajaran Dalam Peningkatan Hasil Belajar Siswa.” Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan Uin “Smh” Serang, Banten 11, no. 1 (2017): 9–10.

Nata, Yudha Saputra. “METODE PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA KRISTEN: PENDEKATAN LITERATURE REVIEW.” Andragogi:Jurnal Diklat Teknis Pendidikan Dan Keagamaan 10, no. 183 (2022).

Rosyid, M. Alfazani, etc. “FAKTOR PENGEMBANGAN POTENSI DIRI: MINAT/ KEGEMARAN, LINGKUNGAN DAN SELF DISCLOSURE (SUATU KAJIAN STUDI LITERATUR MANAJEMEN PENDIDIKAN DAN ILMU SOSIAL).” JMPIS 2, no. 1 (2021): 587.

Rosyid, Nur, dkk. Pendidikan Karakter Wacana Dan Kepengaturan. Purwokerto: Obsesi Press bekerjasama dengan Penerbit Mitra Media, 2013.

Sasmoko. Metode Penelitian Pengukuran Dan Analisis Data. Jakarta: ITKI, 2005.

Suryani, L. “Upaya Meningkatkan Sopan Santun Berbicara Dengan Teman Sebaya Melalui Bimbingan Kelompok.” E-Jurnal Mitra Pendidikan 1, no. 1 (2017): 112–24.

Syahri, A. “Moderasi Beragama Dalam Ruang Kelas.” Literasi Nusantara, 2022.

Wahyuni, Sri, Dea Vivianti, and Penni Ani Simanungkalit. “PEMANFAATAN SMARTPHONE DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR.” Davar : Jurnal Teologi 4, no. 1 (2023): 43.

Wati, Lisna Solin. “PENTINGNYA KOMUNIKASI DALAM INTERAKSI GURU PAK DALAM MEMACU MINATBELAJAR SISWA.” Pediaqu:JurnalPendidikanSosialdan Humaniora 2, no. 4 (2023): 12692.

White, Jerry. Kejujuran, Moral Dan Hati Nurani. Jakarta: BPK Gunung Mulia, 2012.

Zubaedi. Desain Pendidikan Karakter. Jakarta: Kencana, 2011.




DOI: https://doi.org/10.55807/davar.v5i2.183

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Davar : Jurnal Teologi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.