Upaya pembinaan warga gereja kelompok usia anak-anak menurut Alkitab

David Eko Setiawan, Icha Debora Gulo, Gita Maisa Alvionita, Valencia Sirut Suberti

Abstract


Abstract

During childhood, children may not be able to manage information properly. Children's desires are often instant, causing them to do things that are not right. Therefore, it is the responsibility of the Church Community Development to teach the children according to the teachings of the Bible in the church. Therefore, the church's development efforts focus on children to achieve the main goal of teaching or educating each age group of children to reach a level of growth that is in line with the fullness of Jesus according to the Bible. Therefore, the church's development efforts for children need to be carefully designed and structured according to Christian values and biblical teachings. The author uses a qualitative descriptive analysis research method based on literature, which collects data through journals and books. The purpose of this writing is to clarify the role of church community development in shaping the character of Sunday school children in accordance with the teachings of the Bible.

 

Key words: The upbuilding of church citizens, children, and the biblical

 

Abstrak

Pada masa Anak-anak belum dapat mengelola informasi dengan baik. Keinginan anak-anak adalah sesuatu yang instan sehingga hal yang tidak benar pun akan mereka lakukan. Hal ini merupakan tanggung jawab Pembinaan Warga Gereja kepada kelompok anak untuk mengajarkan sesuai dengan ajaran Alkitab didalam gereja. oleh sebab itu upaya pembinaan gereja memusatkan pembinaan kepada anak untuk mencapai tujuan utama yaitu mengajarkan atau mendidik setiap kelompok usia anak-anak mencapai tingkat pertumbuhan yang sesuai dengan kepenuhan Yesus menurut Alkitab. Oleh sebab itu, upaya pembinaan gereja kepada kelompok usia anak perlu dirancang dengan matang dan disusun sesuai nilai-nilai kekristenan dan ajaran Alkitab. Penulis menggunakan metode penelitian analisis dekriftif kualitatif yang berbasis kepustakaan yang dimana metode ini mengumpulkan data yang ada melalui jurnal dan buku. Ada pun Tujuan dari penulisan memperjelas peran pembinaan warga gereja dalam membentuk karakter anak sekolah minggu sesuai dengan ajaran Alkitab.

 

Kata kunci: Pembinaan Warga Gereja, Anak. Alkitabiah  


Keywords


The upbuilding of church citizens, children, and the biblical; Pembinaan Warga Gereja, Anak. Alkitabiah

Full Text:

PDF

References


Adoe, Yelvi Sofia, and Joko Sembodo. “Peranan Keluarga Menurut Amsal 22:6 Dalam Pembentukan Karakter Anak.” Miktab: Jurnal Teologi dan Pelayanan Kristiani 1, no. 1 (2021): 52.

Astuti, Sri, and Desi Sutresia Silalahi. “Prinsip-Prinsip Pendidikan Anak Dalam Ulangan 6:4-9.” Journal Kerusso 7, no. 2 (2022): 65–79.

Beckwith, Ivy. Gembalakanlah Anak-Anak Domba-Ku : Cara Tepat Membentuk Rohani Anak-Anak Menjadi Generasi Baru Yang Kuat. Yogyakarta: ANDI, 2011.

Binsen Samuel, Sidjabat. Mengajar Secara Profesional. Edited by Ridwan Sutedja and Yosep Kurnia. Bandung: Kalam Hidup, 2017.

Gultom, Pujiati. “Prinsip-Prinsip Mengajar PAK Sekolah Minggu Umur 1-12 Tahun (Bagian 1).” PENABIBLOS: Jurnal Pendidikan Agama Kristen, Musik Gereja dan Teologi Konseling Kristen 1, no. 1 (2010). http://e-jurnal.ukrimuniversity.ac.id/detail.php?id_konten=84.

Igrea, Siswanto. Mengajar Dengan Metode 4M : Kiat Jitu Mengembangkan Pelayanan Anak Jadi Seru Dan Kreatif. Jakarta: Gunung Mulia, 2015.

Koesoema A., Doni. PENDIDIKAN KARAKTER : Mendidik Anak Di Zaman Global. 2nd ed. Jakarta: Grasindo, 2010.

M, Bons-Storm. Apakah Penggembalaan Itu? Jakarta: Gunung Mulia, 2014.

Makahinsade Spenerhard. “Peran Pendidikan Agama Kristen Terhadap Pertumbuhan Moral Anak Sekolah Minggu.” EUANGGELION Jurnal Teologi Dan Pendidikan Kristen 2, no. 2 (2021): 63–76.

Maryatun, Ika Budi. “Peran Pendidik Paud Dalam Membangun Karakter Anak.” Jurnal Pendidikan Anak 5, no. 1 (2016): 747–752.

Mustakim, Bagus. Pendidikan Karakter, Membangun Delapan Karakter Emas Menuju Indonesia Bermartabat. Yogyakarta: Samudera Biru, 2011.

Nazir, Moh. MetodePenelitian. Edited by Sikumbang Risman. Bogor: Ghalia Indonesia, 2009.

Nggoro, Adrianus Marselus. “Filosofi Wuat Wa ’ I Budaya Manggarai Dari.” Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan Missio 7, no. 1 (2015): 102–113. http://unikastpaulus.ac.id/jurnal/index.php/jpkm/article/view/25/14.

Palupi, Intan Diyah Retno. “Pengaruh Media Sosial Pada Perkembangan Kecerdasan Anak Usia Dini.” Journal Edukasi Informal (2020): 127–134.

Raharjo, Sabar Budi. “Evaluasi Trend Kualitas Pendidikan Di Indonesia.” Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan 16, no. 2 (2013): 511–532.

Ryan, Kevin, and Karen E. Bohlin. Building Character in Schools : Practical Ways to Bring Moral Instruction to Life. 1st ed. San Francisco: Jossey-Bass., 1999.

Samani, Muchlas, and Hariyanto. Konsep Dan Model Pendidikan Karakter. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2011.

Setiawan, David Eko. “Dampak Injil Bagi Transformasi Spiritual Dan Sosial.” BIA’: Jurnal Teologi dan Pendidikan Kristen Kontekstual 2, no. 1 (2019): 83–93.

———. “Kelahiran Baru Dalam Kristus Sebagai Titik Awal Pendidikan Karakter Unggul.” Evangelikal Volume 3,N (2019): 157–158.

Simatupang, Hasudungan. “Tugas Dan Tanggungjawab Guru Sekolah Minggu Terhadap Masa Depan Gereja.” Christian Humaniora 4, no. 2 (2020): 30–39.

Siswoyo, Hadi. “Sekolah Minggu Sebagai Sarana Dalam Membentuk Iman Dan Karakter Anak.” Sanctum Domine: Jurnal Teologi 7, no. 1 (2020): 121–134.

Soejono, and Abdurrahman H. Metode Penelitian: Suatu Pemikiran Dan Penerapan. Jakarta: Rineka Cipta, 2005.

Soesilo, Yushak. “Keluarga Eli Dalam 1 Samuel 2:11-36: Suatu Evaluasi Pendidikan Kristen Dalam Keluarga Hamba Tuhan.” Jurnal Antusias 3, no. 5 (2014): 136–146.

Stevanus, Kalis, and Dwiati Yulianingsih. “Strategi Pembelajaran Pendidikan Agama Kristen Pada Anak Usia Dini.” PEADA’ : Jurnal Pendidikan Kristen 2, no. 1 (2021): 15–30.

Trofin, LilIana, and Madalina Tomescu. “THE MODES OF RELIGIOUS EDUCATION: Christianity’s Contemporary Status.” Linguistic and Philosophical Investigations 10 (2011): 2394.

Utomo, Bimo Setyo. “( R ) Evolusi Guru Pendidikan Agama Kristen Dalam Mentransformasi Kehidupan Siswa.” Dumanis (Jurnal Teologi dan Pendidikan Kristiani) 1, no. 2 (2017): 1–15.

“Character.” https://www.merriam-webster.com/dictionary/character.




DOI: https://doi.org/10.55807/davar.v3i2.18

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Davar : Jurnal Teologi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.