Menerapkan prinsip service excellent dalam pelayanan gereja berdasarkan Kolose 3:23

Yudha Ardiyanto, Meitha Sartika, Meriyana Meriyana

Abstract


ABSTRACT

This study discusses the application of the principle of service excellent in church services based on Colossians 3:23, with a qualitative descriptive approach through a literature review. Service excellent, which is commonly used in the business world, is adapted in the church context to improve the quality of service and congregational engagement. Colossians 3:23 is the theological foundation that encourages church servants to serve with all their hearts, as if for God, not for humans. Through literature analysis, including theological books, trusted scientific journals, and the Bible. This study identifies ways in which churches can implement the principles of excellent service, such as reliability, empathy, and attention to the needs of the congregation. The results of the study indicate that the application of service excellent contributes to increased satisfaction and congregational engagement and strengthens the church community. This study is expected to provide practical guidance for today's churches to implement quality services that are in line with Christian values.

 

Keywords: Service Excellent, Service, Church, Theological, Practical.

 

 ABSTRAK

Penelitian ini membahas penerapan prinsip service excellent dalam pelayanan gereja berdasarkan Kolose 3:23, dengan pendekatan deskriptif kualitatif melalui kajian pustaka. Service excellent, yang umumnya digunakan dalam dunia bisnis, disesuaikan dalam konteks gerejawi untuk meningkatkan kualitas pelayanan dan keterlibatan jemaat. Kolose 3:23 menjadi landasan teologis yang mendorong pelayan gereja untuk melayani dengan segenap hati, seolah-olah untuk Tuhan, bukan untuk manusia. Melalui analisis literatur, termasuk buku-buku teologi, jurnal ilmiah terpercaya, dan Alkitab. Penelitian ini mengidentifikasi cara-cara gereja dapat mengimplementasikan prinsip-prinsip service excellent, seperti keandalan, empati, dan perhatian pada kebutuhan jemaat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan service excellent berkontribusi pada peningkatan kepuasan dan keterlibatan jemaat serta memperkuat komunitas gereja. Penelitian ini diharapkan memberikan panduan praktis bagi gereja masa kini untuk menerapkan pelayanan berkualitas yang selaras dengan nilai-nilai Kristen.

 

Kata kunci: Service Excellent, Pelayanan, Gereja, Teologis, Praktis.


Keywords


Service Excellent, service, church, theological, practical.

Full Text:

PDF

References


Akromah, Pepih, Harries Madiistriyatno, and Eddy H H Panjaitan. “PENGARUH MOTIVASI DAN PELAYANAN PRIMA TERHADAP KINERJA KARYAWAN DI RUMAH SAKIT PELABUHAN JAKARTA.” Jurnal Cahaya Mandalika ISSN 2721-4796 (online) (2024): 2153–2163.

Crouch, C D. The Excellent Experience. iUniverse, 2013.

DR. ARMAN, M M, and A A P A. Strategi Manajemen Pemasaran: Perkembangan BPR Dan Loyalitas Pelanggan BPR Provinsi Riau. LD MEDIA, 2024.

Dr. Nicko Hosea Layantara, S.P.M.D.M.T. Pastoral Konseling Keluarga - Berdasarkan Kolose 3:18-21. Penerbit Andi, 2023.

Dr. Nicolien Meggy Sumakul, M.M.M.T., M.M.M.T. Dr. Jimmy Lizardo, and S M Pustaka. MEMBANGUN GENERASI Y DAN Z SEBAGAI PEMIMPIN MUDA KRISTEN DI ERA REVOLUSI INDUSTRI 4.0 DAN SOCIETY 5.0. Scopindo Media Pustaka, n.d.

Dr. Nurmah Semil, M S. Pelayanan Prima Instansi Pemerintah: Kajian Kritis Pada Sistem Pelayanan Publik Di Indonesia. Prenadamedia, 2018.

Dunn, J D G. The Epistles to the Colossians and to Philemon. The New International Greek Testament Commentary. Eerdmans Publishing Company, 2014.

Indonesia, B.K.B.L.I. Pelayanan Profesional Gereja Katolik Dan Penyalahgunaan Wewenang Jabatan: Bahan Acuan Penyusunan Pedoman Perlindungan Hak-Hak Anak Dan Orang Dewasa Rentan, Protokol, Serta Kurikulum Formasi Pelayanan Profesional Dalam Lingkungan Pelayanan Gereja Katolik. PT Kanisius, n.d.

Kurniawan, Thomas Mulyanto, Ricky Randy Mooy Genakalong, Fenetson Pairikas, and Adolf Bastian Simamora. “MEMPERLENGKAPI PARA PENDETA UNTUK JEMAAT KECIL DI GEREJA PENTAKOSTA ISA ALMASIH (GPIA) ANUGERAH CIBINONG JAWA BARAT.” Jurnal Teologi Wesley 1, no. 2 (2024).

Mujito, S.E.M.M., S.I.P.M.S. Dwi Oktiana Irawati, S.A.P.M.B.A. Tika Kartika Asri, S P Anneu Fitriyanti, and I Fathurrahman. Manajemen Pelayanan Prima. EDU PUBLISHER, 2024.

Munthe, Immanuel. “Gereja Yang Sehat: Penatalayanan Gereja Yang Profesional.” PROSIDING STT Sumatera Utara 1, no. 1 (2021): 8–21.

Nicolas, Djone Georges, Tirza Manaroinsong, Lasino J W Putro, Lastri Hutagalung, and Yustisia Siregar. “Ironi Krisis Kasih Dalam Komunitas Pengikut Kristus Masa Kini.” Jurnal Multidisiplin Madani 2, no. 5 (2022): 2479–2496.

Palullungan, Sabdi, and Pelipus Paipinan. “TANTANGAN KEPEMIMPINAN KRISTEN DI ERA DIGITAL DALAM MENYEIMBANGKAN TRADISI DAN TEKNOLOGI.” Relinesia: Jurnal Kajian Agama dan Multikulturalisme Indonesia 3, no. 3 (2024): 143–153.

Raintung, Agnes, Meily M Wagiu, Riandli Saliareng, Sindy Poluan, and Renaldy V Somba. “Konflik Peran Penatua Dan Diaken: Implikasi Terhadap Efektivitas Pelayanan Pastoral Di Gereja.” Danum Pambelum: Jurnal Teologi Dan Musik Gereja 4, no. 1 (2024): 13–21.

Santoso, Joko. “Pelayanan Hamba Tuhan Dalam Tugas Penggembalaan Jemaat.” Sanctum Domine: Jurnal Teologi 9, no. 1 (2019): 1–26.

Shabrina, F, R R Yusuf, L U A Laksana, S Apriyanti, and U G M Press. Pelayanan Prima: Pedoman Penerapan Momen Kritis Pelayanan Dari A Sampai Z. Gadjah Mada University Press, 2018.

Siagian, Pestaman, and Malik Malik. “Hubungan Antara Tuan Dan Hamba Dalam Dunia Kerja Berdasarkan Kolose 3: 22-4: 1.” Phronesis: Jurnal Teologi dan Misi 6, no. 1 (2023): 36–51.

Siahaan, Mika Seri Dear Rohani, and Dorlan Naibaho. “Peran Guru PAK Dalam Mempraktikankan Kolose 3: 23.” Jurnal Pendidikan Sosial Dan Humaniora 2, no. 4 (2023): 13050–13062.

Sihotang, Hendry L W, Dewi Jani Affandi, and Andreas L Rantetampang. “Membangun Kesadaran Ecotheology Melalui Tridharma Panggilan Gereja.” Matheo: Jurnal Teologi/Kependetaan 13, no. 1 (2023): 19–30.

Simanungkalit, Aprianus. “Kreatifitas Gembala Sebagai Strategi Meningkatkan Pertumbuhan Iman Jemaat Tuhan.” PNEUMATIKOS: Jurnal Teologi Kependetaan 15, no. 1 (2024): 13–29.

Suhartono, Tony, Junifrius Gultom, and Gede Widiada. “Menyatukan Integritas Pemimpin Dan Kedewasaan Rohani: Studi Tentang Internalisasi Buah Roh Dalam Komunitas Gereja.” Matheo: Jurnal Teologi/Kependetaan 13, no. 1 (2023): 1–18.

Suputra, I G W. How to Create Service Excellent for Your Guests. Nilacakra, 2021.

Teddywono, Innawati. “Upaya Meningkatkan Etos Kerja Jemaat Melalui Pengajaran Hakikat Kerja Menurut Kolose 3: 22-24.” Kharismata: Jurnal Teologi Pantekosta 2 (2021).

Waruwu, Septerianus, Sang Putra Duha, Linda Dewi Terserani Lase, Robert Simare Mare, Indriani Astin Pulanga, Viki Rizki, Khoe Teguh, and Yariama Zendrato. “Membina Kerohanian Jemaat Dalam Menghadapi Tantangan Pada Era Milenial Di GBI Balai Karimun.” Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat Nusantara 5, no. 1 (2024): 113–118.

Windasuri, H. Excellent Service. Gramedia Pustaka Utama, 2017.

Zakharia Suparyadi., Hariyanto., Sahat Siregar., and Josephine Mariana Tumbelaka-Wieland. “Does One Secure Their Own Salvation? Analysis on Continue to Work Out Your Salvation.” Evangelikal: Jurnal Teologi Injili dan Pembinaan Warga Jemaat 8, no. 2 (2024): 223.

Surat – Surat Dari Lapas. PENERBIT KBM INDOENSIA, 2022.




DOI: https://doi.org/10.55807/davar.v5i2.158

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Davar : Jurnal Teologi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.